Analisis Data Kategorik

DATA KATEGORIK

Data Kategorik adalah semua data dengan bentuk akhir (Final Data) berupa data non-numerik, tetapi berupa kategori, level, pernyataan, symbol, penamaan, dll. Contoh jenis kelamin (L atau P), tempaty tinggal/region (Urban, Rural), tingkat pendidikan (SD, SMP, SLTA, PT), respon konsumen pada produk (Puas, Cukup, Kurang puas), dll.

Analisis data kategorik dapat dilakukan, bilamana kita mencoba membuat analisa, ada keterkaiatan satu faktor/variabel kategorik dengan faktor lain. Seperti adanya keterkaitan antara perbedaan jenis kelamin dengan tingkat pendidikan, atau tempat tinggal, atau kesenangan berpolitik, atau mengkonsumsi bakso, dll.

Pada saat sudah akan ditetapkan faktor/variabel yang diteliti dan dicoba akan dianalisis, maka deskripsikan data faktor/variabel itu dalam tabel kontingensi (Crosstab) sehingga tampak persilangan natar kategori/level dari semua faktor yang dilibatkan untuk dianalisis.

Analisis Data Kategorik

Ada beberapa pendekatan atau metode analisis yang dimaksud disini. Yaitu :

1. Analisis Asosiasi

Yaitu untuk melihat adanya perbedaan, sehingga dikatakan adanya hubungan antar faktor/variabel yang diteliti). Untuk analisis ini digunakan ukuran selisih proporsi pada faktor utama untuk perbedaan level/kategori. Seperti perbedaan proporsi atau persentase dari laki-laki dan perempuan, yang menyenangi punya banyak anak.

2. Analisis Perbandingan (Ratio Prevalensi)

Yaitu ukuran yang dapat dipakai dalam analisisata kategorik untuk melihat perbandingan dari adanya perbedaan dalam level/kategori faktor utama. Seperti, kita ingin tahu berapa kali lebih banyak/lebih sedikit antara mahasiswa dan mahasiswi yang bolos kuliah. Atau berapa perbandingan mahasiswa yang lulus Statistika Non-parametrik dibandingkan mahasiswi.

3. Analisis Kecenderungan (Odd’s Value)

Yaitu ukuran yang dipakai untuk ,elihat kecenderungan dari setiap kategori/level pada faktor utama, dengan perbedaan kategori faktor lain (Faktor kedua, ketiga, atau ke-k ; yang Unt kemudian disebut faktor/variabel Tujuan) Untuk itu juga diperbandingkan milai proporsi katgori tertentpada faktor utama, untuk perbedaan level/kategori faktor tujuan.

Untuk mempelajari ini, kita bisa dapatkan materi pokoknya dalam beberapa buku/referensi “DATA CATEGORIC’S”. Termasuk dalam buku Sudjana, 1998. Analisis Data Kategorik, Tarsito Bandung. Dan Diktat Kuliah Win Konadi di UISU dengan judul Analisis Data Kategorik.

Bagi mahasiswa di FKIP Matematika UISU Sisingamangaradja Medan, mohon sabar …..!

Materi tersebut dalam waktu dekat sudah dapat anda akses melalui blog ini.

(Catatan : Nilai UTS / Mid Term, kalian akan saya sampaikan, Senin 18 Mei 2009)

Win K

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: