RINGKASAN HASIL SEMINAR GALERY ADAT ACEH

Prof. AD Pirous

Prof. AD Pirous

Prof. (Emr) AD. Pirous  :

“Pusaka & Khasanah serta Pelestariannya”

Kebudayaan suatu bangsa dapat dilihat dari berbagai peninggalan (pusaka) yang diwariskan oleh genarasi sebelumnya.
Kebudayaan Aceh dapat dilihat dari peninggalan (Pusaka) yang diwariskan oleh orang Aceh terdahulu kepada generasi sekarang, dapat berupa benda pusaka, situs, dan tradisi-tradisi dalam kehidupan masyarakatnya, Seperti upacara-upacara adat, perkawinan, kelahiran anak, kematian, kenduri, dan lain-lain.
Pusaka-usaka Aceh, seperti ; rencong, pakaian adat aceh, peralatan perkawinan, adat peusijuk, gelang, tempat sirih, semua mempunyai nilai-nilai tersendiri dalam kehidupan orang Aceh
Untuk mempertahankan identitas orang Aceh, tentu kita harus melestarikan pusaka dan khasanah adat tersebut, sehingga orang Aceh sebagai suku bangsa di Indonesia ini Tap mempunyai karakter dan ciri khas tersendiri.

Dr. Kamal A. Arif
Dr. Kamal A. Arif

Dr. H. Kamal A. Arif, M.Eng):
“Galery, Bentuk, Fungsi dan Manfaatnya”

Galery adalah tempat/sarana dalam menampilkan sesuatu, yang umumnya berhubungan dengan karya seni, produk budaya atau sejenisnya.
Bentuk fisiknya disesuaikan dengan fungsi ”Galary” tersebut, tidak baku seperti toko, tetapi Baku seperti toko, tetapi mempunyai  mempunyai nilai-nilai artistik, baik dilihat dari interiornya, maupun eksteriornya.
Galary dapat berdiri sendiri atau merupakan bagian dari suatu bangunan bsinis, atau bangunan umum, ataupun suatu rumah.
Fungsi galary adat Aceh ini nantinya,  untuk mengintramasikan kepada publik atau masyarakat tentang pusaka dan khasanah adat Aceh, sebagai upaya pelestarian produk-roduk budaya orang Aceh.

Prof. Dr. Bachtiar Hasan, MSIE
“Galery Sebagai Sarana Pendidikan”

Kemajuan suatu bangsa dapat juga dilihat dari pradaban bangsa dari masa ke masa.  Bangsa yang besar, bangsa yang menghormati dan mengenang pahlawannya dan sejarah dan kebudayaan bangsanya.
Pendidikan berkembang sesuai perjalanan dan peradaban suatu bangsa (Aceh).  Hasil cipta, karsa, karya masyarakat merupakan produk budaya yang harus dilestarikan dari masa ke masa.
Pendidikan juga menginformasikan produk-produk budaya yang telah di hasilkan suatu masyarakat.
Galery dapat berfungsi sebagai sarana pendidikan untuk mengetahui, memahami dan mengembangkan produk budaya Aceh.
Kehadiran galery Aceh di Bandung, sangat strategis dan bermanfaat bagi masyarakat Aceh dan masyarakat Bandung Jawa Barat pada umumnya.
Pada gilirannya, masyarakat sunda dan jawa banyak mengenal peradaban dan budaya Aceh melalui kehaddirannya di Galery ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: